Ini Caranya Agar Urusan Anak dan Pekerjaan Seimbang Setelah Cuti Melahirkan

 

Setelah cuti melahirkan dan harus kembali bekerja, tak jarang para wanita merasakan pertentangan batin misalnya ia merasa bersalah harus meninggalkan si kecil tapi di sisi lain juga ada kewajiban menyelesaikan pekerjaan.

Jika itu yang Anda rasakan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum kembali bekerja setelah cuti melahirkan agar urusan pekerjaan dan anak bisa berjalan dengan seimbang, seperti dilansir Boldsky, kamis (31/10/2013):

1. Atur waktu
Ini adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan. Kelolalah pekerjaan di kantor agar selesai tepat waktu hingga Anda terhindar dari lembur. Dengan pulang kantor tepat waktu, Anda akan mempunyai waktu bersama buah hati lebih banyak.

2. Jangan terlalu stres
Jika Anda merasa lelah dan stres karena tanggung jawab menyelesaikan pekerjaan atau saat mengurus si kecil, tak ada salahnya jika Anda beristirahat sejenak. Titipkan anak Anda kepada orang lain sementara Anda mengambil cuti dan bersantai sejenak di rumah. Pastikan kebutuhan si kecil sudah terpenuhi misalnya ASI dan beberapa perlengkapannya.

3. Miliki rencana cadangan
Suatu waktu jika Anda tidak bisa meninggalkan pekerjaan di kantor tapi si kecil sedang sakit atau Day Care tutup, maka buatlah rencana cadangan dengan meminta bantuan prang terdekat untuk menjaga anak Anda, misalnya ibu, ibu mertua, atau sahabat.

4. Cobalah untuk fleksibel
Sebelum kembali bekerja, cobalah berbicara dengan atasan Anda tentang jam kerja yang fleksibel. Misalnya saja bernegosiasi jika sesekali bisa menyelesaikan pekerjaan Anda di rumah.

5. Pilih fasilitas penitipan anak yang baik
Pastikan bahwa Anda merasa nyaman dan sejalan dengan peraturan di Day Care tempat si kecil dititipkan. Anda bisa meminta pendapat ibu-ibu lainnya yang mungkin saja memiliki rekomendasi Day Care yang sudah terjamin.

DetikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar