10 Hal yang Bisa Dilakukan Pasutri untuk Perbesar Peluang Punya Momongan



Setelah menikah, setiap pasutri pasti ingin segera mendapat momongan. Namun, kadang kala ada beberapa hal yang mungkin saja bisa memperlambat kehamilan, misalnya ketika suami istri sama-sama sibuk.

Nah, selain berusaha meluangkan waktu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pasutri untuk memperbesar peluang mereka memiliki momongan, seperti dilansir So Feminine, Rabu (6/11/2013):

1. Diet seimbang
Untuk memperbesar peluang kehamilan, perhatikan asupan Anda sehari-hari. Pastikan Anda makan sayur tidak hanya satu warna saja tetapi dari semua jenis sayur. Makanan kaya zat besi seperti tiram juga tak ada salahnya jadi pilihan menu Anda. Asam folat juga jadi kunci kehamilan sehingga penting bagi Anda untuk mengasup sayuran hijau.

Memasukkan porsi daging, buah, dan protein dalam jumlah seimbang juga selain menjaga kesehatan juga menambah kesempatan Anda menjadi ibu. Jangan lupa masukkan susu dalam menu harian Anda.

2. Detoks
Detoks adalah cara terbaik membersihkan tubuh Anda dari racun. Nah, cara yang paling mudah yaitu minum air putih yang cukup. Dengan tidak ada racun di tubuh, itu akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Selain itu, hindari juga 'racun' lainnya yakni alkohol dan rokok. Hal ini tak hanya berlaku bagi Anda tapi juga pasangan Anda.

3. Bercinta secara teratur
Menurut survei yang dilakukan First Response, rata-rata pasangan harus berhubungan seks sebanyak 104 kali sebelum hamil. "Sebaiknya lakukan hubungan seks dua sampai tiga kali seminggu. Setelah mencapai orgasme, jangan terburu-buru ke toilet, lebih baik Anda berpelukan karena selain bisa mempererat psikis Anda dengan pasangan, itu akan membuat sperma bertahan lebih lama di dalam vagina," papar Dr Mike Smith dari First Response.

4. Ketahui masa subur
Biasanya, wanita mengalami masa subur dua minggu setelah hari pertama menstruasi. Maka, lebih banyak berhubungan seks selama rentang waktu tersebut bisa menambah peluang Anda untuk hamil. Tapi perlu diingat bahwa sperma bisa bertahan sampai tujuh hari sedangkan sel telur hanya bisa hidup selama 12 sampai 24 jam

5. Bikin stamina pasangan lebih sehat
Tak hanya Anda, kondisi tubuh pasangan pun harus sehat. Pastikan ia melakukan diet seimbang disertai olahraga teratur. Tingkatkan juga asupan vitamin C dan E yang bisa membuat spermanya lebih lincah. Sebaiknya hindari rokok, alkohol, dan stres agar stamina pasangan tetap fit.

6. Perhatikan posisi seks
Saat bercinta, sebaiknya Anda dan pasangan memperhatikan posisi apa yang akan digunakan. Sebab, beberapa posisi seks bisa membuat penetrasi lebih dalam hingga sperma bisa lebih cepat bertemu dengan sel telur. Posisi seks tersebut di antaranya misionaris, doggy style, atau posisi sendok.

7. Jangan stres
Pastikan Anda atau pasangan tidak terlalu stres jika Anda berdua sedang dalam program kehamilan. Studi di Oxford University menemukan bahwa wanita yang mengalami stres 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk hamil selama masa subur mereka. Untuk mengatasi stres, konseling, yoga, meditasi, atau sekadar berbagi dengan orang di sekitar mungkin bisa membantu Anda.

8. Hindari kafein
Wanita yang mempunyai masalah kesuburan dan minum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa mengurangi kemungkinan mereka hamil sampai 26 persen. Pada wanita yang tidak mengalami masalah kesuburan, memang tak ada salahnya untuk menyesap secangkir kopi sesekali. Tapi sebaiknya Anda menghindari minuman ini jika ingin memperbesar kesempatan untuk menjadi ibu.

9. Miliki berat badan yang ideal
Berkonsultasilah dengan dokter Anda berapa berat badan yang ideal jika Anda ingin hamil. Berat badan yang berlebih bisa menimbulkan diabetes dan tekanan darah tinggi yang dapat mengakibatkan komplikasi selama kehamilan.

10. Mengonsumsi vitamin
Ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar lebih cepat hamil. Jenis vitamin yang sebaiknya Anda konsumsi yaitu vitamin E, A, C, D, E, zat besi, asam panthothenis, kalium, thiamin B6, riboflavin, dan niacin.

DetikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar