Ini Tingkah-tingkah Aneh Balita yang Dianggap Normal


Jakarta, Tingkah laku balita memang terkadang membuat orangtua geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak? menangis, menjerit, memukul dan menggigit seringkali dilakukan oleh mereka tanpa alasan yang jelas. Tak jarang pula para balita itu tiba-tiba bertingkah gemas dan lucu stanpa sebab.

Dikutip dari parentdish.co.uk, Selasa (4/2/2014), ternyata beberapa kebiasaan yang sering membuat orangtua geleng-geleng kepala tersebut merupakan kebiasaan normal bagi balita. Berikut beberapa kebiasaan balita yang kerap kali dianggap aneh namun ternyata 100 persen normal:

1. Menggeleng atau mengangguk tanpa sebab
Jika anak anda tiba-tiba menggelengkan atau menganggukkan kepalanya tanpa sebab, orangtua tidak perlu panik. Sampai saat ini peneliti belum mampu mengungkap misteri tersebut. Apakah karena mereka sudah bisa melakukannya? Kepala pusing? atau hanya ingin melucu? Yang penting adalah jaga keselamatan kepalanya agar tidak terbentur.

2. Melakukan tindakan berbahaya
Sering anak anda tiba-tiba mencolokkan tangannya ke dekat kompor ketika anda memasak, menggigit kabel atau meja dan juga memukul anda tanpa sebab. Tindakan tersebut tentunya akan membuat orang tua kaget atau bahkan marah. Namun perlu diketahui bahwa balita melakukan hal tersebut karena penasaran. Ia hanya ingin mengetahui apakah hal-hal tersebut memancing reaksi dari orang tuanya.

3. Pura-pura batuk dan menangis
Tiba-tiba batuk dan menangis ketika orang tua sedang sibuk memang sering dialami olah sebagian besar orang tua. Tak sedikit dari balita yang ternyata hanya berpura-pura batuk atau menangis. Tapi ingat, orang tua tidak boleh marah atau kesal. Balita anda melakukan hal itu karena hanya ingin diperhatikan oleh orang tuanya.

4. Tiba-tiba menolak
Balita anda yang sangat menyukai pisang tiba-tiba menjerit ketika anda mencoba memberikannya? Tenang saja. Hal tersebut juga sering dialami oleh orang tua lain di seluruh dunia. Balita memang mempunyai minat dan keinginan yang berubah-ubah. Jika ia menyukai pisang namun tiba-tiba menolak ketika diberi, mungkin saja ia mempunya pengalaman buruk tentang pisang yang tidak anda ketahui.

5. Telanjang
Beberapa anak memang sangat tidak suka ketika dipakaikan baju dan celana. Tak jarang mereka menangis dan menjerit ketika orang tua mencoba memaksa anak menggunakan pakaian. Namun psikolog mengatakan bahwa kebiasaan ini termasuk normal, mengingat mereka sedang dalam tahap mengenali dirinya. Tapi jangan lengah, Anda harus memastikan bahwa ia tetap harus memakai pakaian ketika keluar dari rumah.

6. Bermain dengan alat kelamin
Setiap anak akan melewati fase eksplorasi alat kelamin karena rasa ingin tahu yang lebih besar. Jika orang tua melihat anaknya memainkan alat kelaminnya, anda tidak perlu panik. Yang harus anda lakukan adalah mengalihkan kegiatan tersebut secara tidak sadar dan menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih menarik.

DetikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar