Rutin Olahraga Saat Hamil Bisa Bantu Perkembangan Otak si Kecil Lho


Bagi Anda para ibu hamil, jika memang kondisi tubuh memungkinkan untuk melakukan kegiatan fisik, maka rutinlah berolahraga. Sebab, penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga teratur saat hamil bisa meningkatkan perkembangan otak bayi yang baru lahir.

Dilansir news.com.au, Selasa (12/11/2013), para ilmuwan mengatakan 20 menit latihan rutin tiga kali seminggu sudah cukup untuk membantu perkembangan otak bayi saat di dalam kandungan. Hasil studi tersebut dipaparkan para peneliti di kongres Neuroscience 2013 di San Diego, AS.

"Ini adalah uji coba pertama secara acak yang mengukur dampak langsung olahraga rutin selama kehamilan pada otak bayi. Di masa lalu, wanita disarankan untuk banyak istirahat dan melakukan pekerjaan yang mudah," kata pemimpin penelitian Profesor Dave Ellemberg dari University of Montreal, Kanada.

Sementara itu, penulis studi lainnya, Profesor Daniel Curnier, pakar olahraga dan latihan fisik dari University of Montreal, mengatakan bahwa dengan melakukan gaya hidup yang aktif, bisa mempercepat pemulihan ibu setelah melahirkan, membuat kehamilan lebih nyaman, dan mengurangi risiko obesitas pada anak.

"Mengingat bahwa olahraga terbukti bermanfaat untuk otak orang dewasa, kami berhipotesis bahwa hal ini juga bisa bermanfaat bagi anak yang belum lahir melalui latihan fisik yang dilakukan ibunya," kata Prof Daniel.

Studi ini melibatkan para ibu hamil yang secara acak ditugaskan untuk melakukan latihan rutin setidaknya 20 menit latihan kardiovaskular tiga kali seminggu. Memang, selama latihan secara intens, para wanita mengaku sering mengalami sedikit sesak napas. Sedangkan, kelompok lainnya tidak berolahraga sama sekali.

Delapan sampai 12 hari setelah melahirkan, aktivitas otak si bayi pun diukur. Peneliti menggunakan 124 elektroda yang diletakkan di kepala bayi sampai anak itu tertidur di pangkuan ibunya. Lalu, mereka mengukur memori pendengaran melalui respons bawah sadar otak.

"Hasilnya menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang aktif secara fisik memiliki aktivasi otak lebih matang. Hal itu menunjukkan bahwa otak mereka berkembang lebih cepat," kata salah satu peneliti, Elise Labonte-LeMoyne.

Sebagai studi lanjutan, para ilmuwan berencana mengukur pemikiran bayi, kemampuan fisik, dan bahasa anak saat berusia satu tahun apakah akan lebih baik jika si ibu rutin berolahraga selama hamil.

DetikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar